Kopi Pontianak, itu Kopi apa aja sih??

Leave a Comment
Pasti semuanya suka ngopi dong?? Ya..di Pontianak sendiri banyak banget masyarakat yang suka ngopi, nongkrong di kafe-kafe terutama dikafe saya juga, Hahahaha... Nama Kafe saya AVA Cafe & Hotspot, dimana?? Ya di Jalan Cendana No. 62..Kafe saya masih numpang di tempat orang tapi soal kopi dan hotspotnya dijamin MEMUASKAN deh, wkwkwkkk...Dalam dunia perkopian di Pontianak, kita mengenal satu jenis kopi yaitu Arabica, ya cuma itu..meskipun begitu banyak nama besar yang muncul dan dikenal luas masyarakat Pontianak...

Kopi arabica itu apa?? mendingan Om Wiki aja yang emang paling paham soal begono-an...

Biji kopi arabika

Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik.Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini.Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika LatinAfrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia.Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis.Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600-2000 m di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik. Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.
Di Pontianak sendiri sebagian besar kopi dibuat dengan campuran tepung jagung dengan tujuan untuk mengurangi rasa pahit yang muncul dari si biji kopi itu. Nah beberapa merek besar yang ada di Pontianak itu antara lain :
1. Kopi Cap Obor Pontianak
    Markasnya di Tanjungpura, ini contohnya:
   











2. Kopi Cap Jempol Pontianak
Gak dapet gambarnyaa, huehehehehe...

Ya begitulah kopi-kopi yang ada di Pontianak, masih banyak lagi Kopi yang lain contohnya Kopi Purun cap AAA, terus Kopi Pinyuh, Kopi Singkawang, banyak lagi deh, yang pasti sebagian besar kopinya rata-rata terbuat dari Kopi jenis Arabica namun kadang yang berbeda tentunya cara pembuatannya, mulai dari campuran jagung hingga lama pemasakan dan tenmpat penyimpanan..tapi buat gue yang paling enak itu Kopi Purun cap AAA (gue pake jadi kopi hitam di kafe gue) selain mampu menghasilkan bubuk yang halus dan larut Kopi AAA ini wanginya paslah meskipun masih kalah dari Kopi Lampung, Toraja Arabica, Robusta Bandung maupun Arabica Bandung. Hahaha...Kopi itu ternyata juga memang baik buat kesehatan, menurut bahan yang pernah gue baca kopi itu kandungan kafeinnya baik untuk memelihara jantung en kulit, hahaha, bener enggaknya silahkan dicoba ya :)

0 komentar:

Poskan Komentar